Tuesday 7 November 2017

Ramen (ラーメン)


Makanan Mancanegara, Makanan Mancanegara Jepang, Makanan Mancanegara Mie Ramen Jepang, Makanan Mancanegara Masakan Jepang, Cara Buat Makanan Mancanegara Mie Ramen, Resep Buat Makanan Mancanegara Mie Ramen, Makanan Mancanegara Mie Ramen Jepang, Makanan Mancanegara Mie Ramen Internasional, Makanan Mancanegara Jepang Mie Ramen, Makanan Mancanegara Ramen Enak





Pasti kalian pada tau kan racikan mie yang berasal dari jepang ini, yups mie ramen. Di jepang mie merupakan makanan pokok kedua bagi masyarakat , salah satunya adalah jenis mie ramen. Ramen sudah menjadi salah satu dari kuliner Jepang yang populer di Indonesia. Ramen merupakan hidangan mie kuah Jepang yang sebenarnya bukan berasal dari Jepang melainkan dari Cina dan telah menjadi hidangan yang sangat hits di Jepang.

Ciri khas dari ramen yang dapat kita ketahui yaitu bentuk mie nya yang tipis dan berwarna kuning. Sekilas mie ramen ini memang mirip dengan mie instan yang ada di Indonesia. Namun mie ramen memiliki diameter yang lebih kecil. Lalu adonan mie yang telah dibuat tersebut dimasukkan ke dalam sebuah wadah yang telah berisi kuah yang terbuat dari berbagai jenis kaldu, kebanyakan menggunakan kaldu babi.

Di atas mie ramen umumnya ditambahkan penyedap berupa beraneka ragam lauk seperti: chasiu, menma, telur rebus, sayuran hijau irisan daun bawang, nori, atau narutomaki sebagai hiasan. Telur rebus yang digunakan untuk mie ramen ini biasanya berwarna coklat karena telah direbus di dalam kuah bekas rebusan chasiu. Ditambah dengan irisan daun bawang yang telah lebih dulu digoreng di dalam minyak goreng.

Ramen di setiap daerah memiliki kekhasannya sendiri. Misalnya Tokyo ramen berbahan dasar kaldu katsuoboshi ditambah dengan shoyu. Ramen Kyoto memiliki citarasa kuah yang berbeda-beda contohnya seperti rasa kecap asin, kuah yang berminyak dan kuat sangat kental dan berminyak. Selanjutnya ada Hakodate ramen yang memiliki kuar rasa shio atau asin ala Hakodate yang juga memakai bubuk keju sebagai penyedap. Ramen Kobe disajikan dengan berlembar-lembar irisan daging di atasnya.

Bahan Mie Ramen :

1.  1 siung bawang putih (cincang halus) 

2.  1 sdm tepung maizena (larutkan dengan air) 

3.  2 buah bakso sapi (potong 4 bagian)

4.  2 buah bakso ikan (potong 4 bagian)

5.  2 ekor udang besar (kupas, sisakan ekornya)

6.  2 helai daun caisim (potong serong)

7.  2 sdm minyak wijen

8.  1/4 sdt jahe parut

9.  100 gr daging ayam (potong dadu)

10. 250 gr mie bulat siap saji

11. 350 ml air kaldu ayam

12. 1000 ml air untuk merebus

Bumbu Mie Ramen :

1. 1 sdt shoyu (kecap jepang)

2. 1 sdt kecap manis

3. 1 sdm saus sambal thailand

4. 1 sdm minyak ikan

5. 1/2 sat garam

6. 1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat Mie Ramen :

Masukkan mie ke dalam air yang telah mendidih. Rebus hingga mie telah matang lalu angkat dan tiriskan.
Panaskan wajan dan beri minyak. Tumis bawang putih dan juga jahe hingga terasa harum, lalu  masukkan udang dan ayam sambil diaduk hingga berubah warnanya.
Kemudian masukkan air kaldu yang telah disiapkan dan juga bumbu-bumbu, bakso (sebagai topping) , aduk hingga mulai mendidih. Lalu tambahkan larutan tepung maizena.
Setelah kuah mengental, masukkan mi, angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk.
Sajikan mi ramen selagi hangat.


Jika Anda Bingung, Anda Bisa Simak Video Berikut Ini Tentang Cara Pembuatan Mie Ramen Jepang :




0 comments:

Post a Comment